17 Agustus 2008

Trik Memilih Antivirus ( 2 )

. 17 Agustus 2008

Seperti yang sudah aku posting sebelumnya, bahwa untuk membasmi virus manca sebaiknya gunakan Avira atau AVG. namun untuk membasmi virus lokal sebaiknya menggunakan PCMedia. Dan disarankan dalam satu komputer menggunakan dua antivirus sekaligus yang berfungsi untuk membasmi virus lokal dan mancanegara. Tetapi dalam kenyataanya, memasang dua ativirus sekaligus dalam satu komputer akan menimbulkan sedikit problem. Dan biasanya jika kita memasang Avira dan PCMedia secara bersamaan, Avira akan mendeteksi PCMedia sebagai virus dan akan menghapusnya. Entah apa sebabnya, mungkin karena PCMedia memang terjangkit virus ataukan Avira yang tidak mau kerjanya terganggu oleh antivirus lokal.
Namun jika dalam komputer itu terkena virus lokal dan manca, bagaimana cara mengatasinya ? saya sarankan agar tetap menggunakan 2 antivirus, tapi apabila anda akan menggunakan PCMedia untuk mendeteksi virus lokal, maka Avira di Diable dulu sebentar. Juga ketika kita akan membuka folder yang berisi PCMedia, disarankan guard dari avira di disable suapaya tidah menuduh PCMedia Virus.
Syarat-syarat antivirus yang baik dan efektif. Antara lain :
  1. Mudah penggunaannya. Software anti virus yg baik harus mudah digunakan, tanpa memandang kemahiran dan pengetahuan kita sebagai pengguna dari antivirus tsb.
  2. Effektif ketika mengidentifikasi virus dan semacamnya. Antivirus terbaik adalah antivirus yang dapat mengenali data-data yang terinfeksi dengan cepat melalui pemindaian secara real-time, mencari dan menemukan virus pada banyak tempat, boot sector, termasuk email, aplikasi pesan instant, web browsing dan sebagainya. Sehingga lebih dini diketahui tentang adanya virus.
  3. Effektif ketika membersihkan dan mengisolasi file-file yg terinfeksi. Software anti virus yang terpercaya mampu membersihkan dengan sempurna, menghapus atau mengkarantina file-file yg terinfeksi, namun tidak merusak file yang terinfeksi serta menghentikan penyebaran virus dalam harddisk atau melalui jaringan.
  4. Laporan Aktivitas. Anti virus yg baik segera memberikan notifikasi dan laporan dari virus-virus yg ditemukan melalui scanning real time dan menyediakan hasil scanning/pemindaian yang mudah dibaca beserta data virus dan kerusakan yg ditimbulkannya
  5. Adanya fitu-fitur tambahan (plugin) menjadikan sebuah anti virus semakin ampuh dalam memberikan perlindungan. Anti virus yg tangguh selalu menawarkan bermacam tool, mulai dari pemindaian real-time biasa hingga yg lebih canggih, pemindaian heuristik dan pemblokiran script, anti virus semakin baik jika pilihan opsi tungsi toolnya lebih banyak. Sehingga lebih banyak yang dapat dilakukan terhadap virus guan melindungi komputer.
  6. Instalasi dan setup yg mudah. Anti-virus semestinya mudah diinstall dan tidak memerlukan waktu yang lama dalam instalasinya dan digunakan hanya dengan beberapa klik mouse saja.
  7. Dokumentasi help/bantuan. Anti virus termutakhir biasanya banyak help-nya, mencakup dukungan via email, chat online atau melalui telepon. Juga mestinya ada dokumen-dokumen online dan offline, seperti pengetahuan dasar dan FAQ atau daftar pertanyaan-pertanyan umum seputar software tsb.
  8. Update databese virus harus selalu tersedia secara online. Antivirus yang baik akan memberikan perkembangan tentang update database sehingga semakn banyak virus yang terdeteksi. Karena perkembangan virus sangatlah cepat.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 

Daftar Artikel

Mengenai Saya

Foto saya
Lumajang, Jawa Timur, Indonesia
semua tentang jalan yang penuh liku, tak pernah lurus dan kadang berduri.... tak ada pilihan untuk mundur, Hadapi atau lari saja sebagai pengecut.... tapi tidak untuk hari-hari ku setelah ini, lari bukan pilihan ku, walau tak setegar karang, kan ku hadapi..... tidak ada kata lari.....
Tutorkomp-blake is proudly powered by Blogger.com | Template by Blake's | Power by Absanka's Blake